Senin, 28 Agustus 2017

Gunting Jahit/Gunting Kain


Gunting kain, gunting kertas, dan cekris

gunting kain yg terbuat dari besi

Gunting digunakan untuk memotong, baik untuk memotong kain ataupun kertas. Gunting ini penting banget karena bakal kita pake terus selama menyelesaikan proyek jahit-menjahit. Agar gunting awet dan tidak cepat tumpul, akan lebih baik jika kita punya gunting sesuai dengan fungsinya masing-masing. Misal: gunting kain digunakan khusus untuk memotong kain, jangan dipake untuk selain kain. Fyi, gunting kain harus tajam ya supaya saat memotong kain smooth/tidak tersendat-sendat dan hasilnya rapi.

Aku punya 3 gunting:
1. Gunting untuk memotong kain
2.
Gunting untuk memotong kertas/pola
3.
Gunting untuk finishing/potong benang, ukurannya pilih yang kecil aja

Tips beli gunting:
1. Yg nyaman pas kita pake, tidak terlalu berat dan tidak terlalu besar
2. Mahal belum tentu nyaman dipakai



Pengalaman kemarin pas pertama kali beli gunting, aku maunya langsung yg paling bagus n paling mahal. Eh, ternyata yang paling mahal malah yang paling berat (karena terbuat dari besi). Trus cepat berkarat karena aku ga rawat dengan baik. 😷 Pas pembelian kedua, aku maunya yang paling besar, dan ternyata ga cucok doong dengan tangan aku yang kecil hiks. 😢


Jadi, kalo beli gunting yang penting nyaman dipakai ya, ga harus mahal....
😊



Di bawah ini beberapa contoh gunting jahit/gunting kain yang bisa kamu beli:

Gunting cekris ini ga wajib untuk dibeli. Kegunaannya untuk finishing dan merapikan benang yang terjuntai2 di baju setelah kita jahit. Personally, Aku lebih suka memakai gunting kecil untuk fungsi ini daripada cekris.

Gunting ini sepenuhnya digunakan untuk memotong kain. Bisa kita lihat, body gunting ini tidak sepenuhnya terbuat dari besi/stainless steel. So, dipegangnya jadi lebih ringan. Nah... favoritku yang model ini. Psst... harganya juga murah. Kalau mau pesen bisa hubungi aku yaa #promosi

Gunting ini juga untuk memtotong kain. Terbuat dari full besi/stainless steel. Paling mahal, tapi beraattss... Oia, kalau mutusin untuk beli yang model ini, kamu harus rajin ngerawatnya. Sayang kalau karatan. =D


Last but not least. Kamu harus punya gunting kertas untuk memotong pola.

Sebagian foto di atas aku ambil dari google.
Pembahasan perlengkapan jahit lebih lengkap klik link di bawah ya
Perlengkapan Jahit Dasar
atau cek instagram @belajarjahitbaju
semoga bermanfaat... =D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post