Kamis, 19 Juli 2018

Beda Sertifikasi Certified Risk Management Officer dan Certified Risk Management Professional CRMO VS CRMP


image by google

Kemarin-kemarin suami minta dicariin informasi tentang program sertifikasi Manajemen Risiko. Yap... Beliau bertanya pada orang yg tepat (aku ga lulus!! >.<). Tahun lalu (kalo g salah inget), aku pernah ikutan sertifikasi CRMP, meskipun hasilnya ga memuaskan karena gagal di satu mata uji. Syedih lohhh karena temen2 banyak yg lulus. huhuu... Sebenarnya, yang blm tuntas lulus bisa ikut remidi, tapi males ih kalo ga ada kawannya. ya kan? ya kan? Jangan ditiru yaa... =P

Meskipun uda pernah ikut sertifikasi CRMP, sebenarnya aku masih belum begitu paham perbedaan CRMO dan CRMP. Dengan motivasi tinggi (biar suami lebih knowledgeable dan jago), pagi ini aku niat banget uplek2 buka website LSPMR nyari informasi tentang CRMO dan CRMP. 

Setelah ngulik2, ternyata program sertifikasi CRMO lebih ditujukan untuk newbie di bidang Manajemen Risiko, sedangkan sertifikasi CRMP untuk level atasnya. Yang dipelajari di CRMO lebih ke basic knowledge MR. Berikut ini penjabaran masing-masing program: 

CRMO 

Apa tujuan CRMO?

Program ini bertujuan untuk menghasilkan staf yang menguasai teknik dan proses Manajemen Risiko secara utuh, rinci, aplikatif dan mandiri.

Siapa yang disarankan untuk ikut CRMO?

Program ini khusus dirancang bagi staf yang belum pernah mendapatkan pendidikan Manajemen Risiko atau para pemula dalam bidang Manajemen Risiko/calon risk officer yang akan ditugaskan dalam unit-unit yang tersebar pada suatu organisasi.

Kalau mau ikut CRMO, syaratnya apa?

S1 dengan pengalaman kerja minimal 3 bulan
D3 dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun

Mata uji sertifikasinya apa aja?

Business Quantitative
Risk Management Technique
Presentasi/wawancara

FYI

Kalau kita lulus CRMO dan ingin ikut sertifikasi lanjutan ke CRMP, kita akan mendapat kemudahan dengan penyetaraan/tidak perlu mengikuti ujian untuk modul Business Quantitative dan Risk Management Technique, plus akan mendapatkan keringanan biaya. Secara di CRMO kita uda dua belajar mata uji tadi.

CRMP

Siapa yang disarankan untuk ikut CRMP?

CRMP disarankan untuk diambil oleh profesional yang duduk di level manajerial. Ga harus siy, soalnya aku yg blm punya jabatan manajerial juga diajukan oleh kantor untuk ikut karena instansiku bergerak di bidang audit internal.

Kalau mau ikut CRMP, syaratnya apa?

Participant has Bachelor Degree (S1) or equivalent from any discipline
Participant has minimum 2 years Working Experience as Risk Management Officer (at Division Level); or 3 years Working Experience as Risk Agent (at Branch / Unit); or 4 years Working Experience as Internal Audit; or 5 years Working experience as Compliance Officer.

Mata uji sertifikasinya apa aja?

Enterprise Risk Management
Good Corporate Governance
Setting The Risk Appetite & Risk Tolerance
Business Quantitative & Measuring Probability
Financial Risk Management
Risk Management Technique (Financial)
BCM/BCP
Operational Risk Managemnet
Risk Management Technique (Operational)
Project Risk Management
Legal Risk Management
Managing Supply Chain Risk
Integrated Case Study/Exam Simulation


Info lebih lengkap bisa klik di sini

Semoga bermanfaat =D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post