Jumat, 14 September 2018

Prosedur Frozen Embrio Transfer (FET) di Mahkota Medical Center Part 1

Pertama-tama, aku mau jelasin dulu tentang apa itu Frozen Embrio Transfer (FET) yaa...

Berdasarkan bahasa, frozen itu artinya beku, embrio itu artinya hasil pembuahan sel telur dan sperma, dan transfer artinya pindah/beralih tempat. Jadi, menurutku FET adalah pemindahan embrio yang dibekukan ke dalam rahim. Karena embrionya beku, mereka harus dicairkan terlebih dahulu, baru deh dipindahkan ke rahim biar nempel n tumbuh jadi babies... aamiin...

Jadi, kronologi proses FET yang kualami kaya gini nih

27 Juni 2018

Hari pertama menstruasi. Sudah keluar darah meskipun belum deras. Sesuai instruksi, mens pertama aku diminta untuk hubungi suster amoy via personal message (pm) WA. Setelah laporan, suster jawab pm-ku gini:

"Ibu datang tanggal 15 atau 16 Agustus hari ke 20 atau 21 menstruasi"

Kami pun memilih untuk datang tanggal 15 Agustus 2018.

15 Agutus 2018

Hari ini ketemu dokter. Tindakan yg dilakukan adalah USG perut dan suntik hormon (?). Aku lupa2 inget deh suntik hormon atau suntik apa. Kalo ketemu dokter lagi, aku tanyain ya. Yang jelas suntik ini semacem untuk menshut-down hormon reproduksiku gt. Jadi, badan ga memproduksi hormon lagi. Nanti hormon akan diberikan ke tubuh lewat obat yang kuminum. Dengan begini, hormon bisa dikontrol oleh dokter. CMIIW.

Pas balik, aku diberi bekal Progynova dan Asam Folat. Progynova untuk diminum setelah menstruasi, sedangkan Asam Folat untuk langsung diminum saat itu juga.

Aku diminta lapor via WA lagi ketika menstruasiku bulan itu dtg. Nanti dokter yg akan kasih instruksi melalui WA suster amoy. 

Biaya semuanya sekitar RM1.000. Td uda ubek2 laci nyari struk pembayaran tp ga ketemu2. T-T 


Progynova, tablet bulet kecil2

24 Agustus 2018

Semalem mens (23 Agustus 2018)!! Sesuai istruksi, aku harus lapor ke WA suster amoy ketika menstruasiku dtg. Karena pas malem WA suster amoy ga aktif, terpaksa lapornya pagi2 tanggal 24 Agustus 2018.

"Sus, semalam saya mens. Sudah keluar darah. Tapi hari ini baru keluar deras darahnya"

Suster pun jawab

"Jadi hari ini dihitung hari pertama ya. Kita ketemu day 11 atau 12 (tanggal 3 Sept 2018 atau 4 Sep 2018)"
"Ibu nak bila? Hari Isnin ke hari Selasa?"

Setelah nanya suami, akhirnya kami sepakat kesana hari Selasa, 4 September 2018.

4 September 2018

Jumpa dokter sesuai jadwal. USG TV untuk lihat rahim. Dokter bilang rahim is ok. Next tunggu hasil cek darah, untuk menentukan prosedur FET nya lanjut atau ngga. Setelah dari dokter, kami ke laboratory untuk tes darah. Tes ini untuk melihat kadar hormon Estradiolku. Hasil tes lab akan keluar setelah 2 jam, jadi 2 jam lagi kami diminta untuk ketemu dokter.

2 jam kemudian, kami ketemu dokter lagi untuk bahas hasil tes lab. Its a bad news guys. Dokter bilang Estradiolku rendah. Tp beliau bilang some people emg kenaikan Estradiolnya slow. Jadi beliau nambahin dosis Progynova lagi untuk dua hari. Setelah dua hari, nanti tes darah lagi apakah ada kenaikan Estradiol atau ngga.

6 September 2018

Tes darah. 2 jam kemudian ketemu dokter u bahas hasil. Its a BAD NEWS. Dokter bilang Estradiolku makin low. Beliau ordered lab u tes ulang darahku. Siapa tau lab ada kesalahan prosedur. very nice of him. 

Setelah 2 jam, hasil tes keluar. Dokter bilang hasil tes lab memang Estradiolku low. Artinya not a good sign!!. Dokter pun decided to cancel the program dan minta aku stop konsumsi obat yg beliau kasih.

Selanjutnya doker bahas solusi yang akan beliau ambil, tentunya dengan prosedur yg berbeda. Dokter menyarankan untuk menggunakan Estradiol alami yg dihasilkan oleh tubuhku. Jadi dokter akan sedikit menggunakan long protocol dengan Femara. Dokter kasih penjelasan cukup clear. tp karena mengalami sedikit mental breakdown, aku jd ga gitu nafsu buat nanya2 banyak seperti biasa... kwkwk

Dokter bilang, harusnya setelah suntik, hormon d badanku uda ga keluar lagi. dan satu2nya u mempengaruhi hormon ya melalui obat oral yg kuminum itu (Progynova). Semakin banyak Progynova yg dikonsumsi harusnya semakin besar juga kadar hormon Estradiolku. Ini kok malah makin turun. Kalau aku ga salah nangkep penjelasan beliau, ini artinya ada hormon lain yg bekerja di badanku.

Selain dari otak, hormon diproduksi dari lemak. Karena produksi hormon dari otak sudah dihentikan (melalui suntikan yg uda aku ceritakan di atas), berarti yg menyebabkan Esradiolku anomali berasal dari hormon yang dihasilkan lemak. Dokter curiga hormon androgen dalam badanku tinggi, artinya hormon laki2ku kuat. Uda gt dokter bilang kayanya aku stress berat and it did affect the body!!

Tbh, Aku down dengernya. Bahkan sempet mikir macem2. Dont do this ya, mikir sesuatu yg blm tentu kejadian apalagi yg jelek2 itu ga ada gunanya... ya kaan? hehe

Yuk bangkit lagi n usaha lagi.

Alloh pasti kasih. =')

Biaya (in RM)

4 September 2018

Consultation 50
USS/Radiology 50
Pharmacy 20 (Progynova + Folic Acid)
Laboratory charges 104,01
Collection on behalf of Doctors 0,99

6 September 2018
Pharmacy 340 (Femara)
Hospital charges 4
Laboratory charges 104,01
Collection on behalf of Doctors 0,99

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post