Minggu, 25 Februari 2018

Rincian Prosedur dan Biaya Bayi Tabung di Mahkota Medical Centre

Tanggal 11 Februari 2018
Waaaa... ada flek cokelat!! Padahal seharusnya jadwal mensku tanggal 12. Aku langsung WA suster dan membuat appointment dg dr Achmad besok pagi.

FYI, jika ingin melakukan program bayi tabung, kita harus datang ke dokter pas H+2 mens.

Tanggal 12 Februari 2018
Datang ke MMC langsung ke bagian pendaftaran di lantai 3. Setelah daftar, selanjutnya kami menuju ke klinik dr Achmad di lantai yang sama.


Sesampainya disana, kami langsung disambut oleh suster amoy dan suster jilbab. Nice. Selanjutnya, kami bilang mau IVF dan hari ini mens H+2 ku. Suster menanyakan kapan darah mensnya mengalir. Aku pun menjelaskan bahwa kemarin mensnya baru berupa flek, dan hari ini baru mengalir. Suster pun kemudian menerangkan jika darah mens masih berupa flek (belum mengalir), maka belum masuk hitungan hari pertama. Jadi, kalau aku mau IVF, diminta datang lagi besok pagi.

Biaya:
Registration RM 4

Tanggal 13 Februari 2018
Datang ke klinik lagi dan ketemu dengan dokter. Konsultasi macem2, termasuk riwayat pengobatan, dan kemudian USG TV. Hasilnya aku cuma punya 5 folikel baru dan 1 folikel siklus kemarin yang belum pecah. Selanjutnya, aku dan suami diminta untuk tes darah. Setelah 2 jam hasil tes darah akan keluar dan langsung dikirim ke dokter terkait. Kami diminta untuk ketemu dokter lagi setelah hasil tes darah keluar untuk menentukan prosedur.

Hasil tes darah alhamdulillah tidak ada masalah. Dokter menjelaskan kondisiku, prosedur yang akan diambil, dosis obat yang akan digunakan, dan penjelasan2 lain. Nice. Puas banget konsultasi dengan beliau.

Dokter Achmad menggunakan short protocol dengan kombinasi gonal (150 IU) dan menopur (75 IU). Pertimbangan beliau adalah telurku yang tidak banyak (karena ukuran ovarium yang tidak sama) dan hormon LH-ku yang agak rendah. Setiap dokter akan memiliki pertimbangannya masing2. Jadi, beruntunglah jika kita bertemu dengan dokter yang informatif dan mau menjelaskan tentang langkah2 yang diambilnya. =D

Sebenarnya, gonal dan menopurnya bisa dibawa pulang dan disuntik sendiri. Tapi karena suami ga tega nyuntik perutku, akhirnya dokter yang menyuntikku setiap hari. Hehe

Biaya:
Registration RM 4 (kalau ga salah)
Consultation RM 300 (kayaknya sistem paket, karena untuk konsul2 dan pelayanan selanjutnya kami ga bayar biaya konsul dokter lagi)
USS/radiology RM 300
Pharmacy RM 3.076,35
Lab Wife RM 235,66
Lab Hubby RM 119,30

Tanggal 14-17 Februari 2018
Suntik dan ngobrol2 sama dokter.

Tanggal 18 Februari 2018
USG TV untuk melihat perkembangan folikel dan adjust dosis obat. Mulai hari ini, dosis gonal di-adjust jadi 75 IU, menopur 75 IU, plus cetrotide.

Tanggal 19 Februari 2018
USG TV dan tes darah untuk mengetahui level estradiol dan progesteron. Dokter menjelaskan hormon bagus, rahim cantik, tapi... ada polip! Hiks... Sebenarnya sejak pertama USG TV, beliau sudah melihat pertanda adanya polip, tapi belum jelas. Beliau menunggu polip semakin jelas baru kasih kabar ke kami. Dokter akan melihat posisi polip untuk menentukan dilakukannya embrio transfer atau tidak. Beliau bilang kalau polipnya di bawah, masih ada kemungkinan nanti embrio akan ditanam (di atas) dengan catatan embrioku ada 4/5 dan rahim cantik. Namun, kalau polipnya di atas, terlalu berisiko untuk dilakukan embrio transfer karena polipnya bakal ganggu penempelan embrio. Oia, folikelku nambah 1 lagi... Alhamdulillah...

Biaya
Pharmacy RM 1.346
Lab RM 109,06

Tanggal 20 Februari 2018
Suntik2 aja...

Tanggal 21 Februari 2018
USG TV dan tes darah lagi. Ada good news and bad news. Good news nya, alhamdulillah estradiolku naik, bad newsnya progesteronku melampaui batas maksimal (mine was 1,9). So, dokter memutuskan untuk ga melakukan ET di siklus ini. Beliau jelasin bla bla bla. He's so informative. We got it and agreed. Oia, folikelku nambah 1 lagi... Alhamdulillah...

Biaya
Lab RM 109,06

Tanggal 22 Februari 2018
Paginya kami suntik2 terakhir. Malamnya jam 11.30 pm, kami diminta untuk suntik ovidrel (pemecah telur, kalau ga salah). Again, karena suami ga tega buat nyuntik sendiri, kami pun ke emergency untuk minta disuntikin suster. 

Biaya
Pharmacy RM 512
Biaya sunti di emergency RM 44,77

Tanggal 23 Februari 2018
Ovum Pick Up.
Informasi lebih detail tentang prosedur ini, bisa dicek di postinganku tentang OPU ya.

Biaya
OPU package RM 4.882
OPU procedure service RM 3.410
Doctor package RM 1.142,68

Jadi, total seluruh biaya IVF treatment nya (untuk caseku hanya sampai OPU saja) sebesar RM 15.594,88 (CMIIW). FYI, biaya yang dibutuhkan antar pasien bisa beda2, tergantung kondisi dan prosedur yang dilakukan.

Doakan embrio2 kami excellent n bisa jadi babies semua yaa... =')

Semoga bermanfaat.

Edit:
Tanggal 27 Februari 2018
Kami bertemu embriologis dan dijelaskan tentang prosedur OPU yang dilakukan pada tanggal 24 nya. Sangat detail sekali. Kami diberitahu bahwa embrio yang kami hasilkan ada 4 buah dan semuanya berkembang. Selanjutnya, kami diminta menandatangi surat persetujuan tentang penanganan embrio dan freezing.

Siangnya, kami bertemu dr Ahmad dan dijelaskan bahwa embrio yang kami hasilkan bagus2. Alhamdulillah.

Biaya
Untuk membekukan embrio sekitar RM 3.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post