Senin, 16 April 2018

Perlengkapan Dasar Menjahit


pola baju

Dulu waktu mau belajar jahit, aku bener-bener gatau harus beli perlengkapan jahit apa dan belinya di mana. Alhamdulillah, meskipun masih newbie, sekarang aku sudah lebih ngerti tentang menjahit dan perlengkapan dasar apa saja yang dibutuhkan untuk menjahit. Sebenarnya, perlengkapan jahit yang dibutuhkan ga banyak dan ga mahal.

Di post ini aku mau sharing tentang perlengkapan dasar menjahit. Siapa tau ada teman-teman yang baru mau belajar jahit dan gatau perlengkapan apa saja yang harus dibeli. Btw, foto-fotonya aku ambil dari perlengkapan yang aku punya.

1. Buku Dasar Menjahit dan Buku Tulis Pola

Hal pertama yang harus kita siapkan untuk belajar menjahit adalah Buku Dasar Menjahit dan Buku Tulis Pola. Buku Dasar Menjahit memberi panduan kita dalam membuat pola, sedangkan Buku Tulis Pola adalah tempat di mana kita membuat pola kecil. Biasanya, penjahit yang sudah mahir tidak membuat pola kecil, tetapi langsung membuat pola besar di kertas pola (kertas cokelat, kertas koran, dll)

Buku Dasar Menjahit dan Buku Tulis Pola

Buku Dasar Menjahit

Buku Tulis Pola


2. Alat Tulis

Perlengkapan jahit pertama yang harus kita punya adalah alat tulis. Pasti sudah punya kan? Alat tulis ini digunakan untuk membuat pola.

Alat Tulis

3. Meteran

Pasti sudah tau gunanya meteran kan? Yaps, meteran digunakan untuk mengukur ukuran badan kita.

meteran

4. Penggaris Pola Kecil

Sebelum membuat pola besar, kita akan membuat pola kecil di Buku Tulis Pola terlebih dahulu. Penggaris-penggaris ini digunakan untuk membuat pola kecil.

Penggaris pola kecil

5. Kertas Pola

Setelah membuat pola kecil, kita akan membuat pola besarnya di Kertas Pola ini. Biasanya kertas yang digunakan untuk membuat pola adalah kertas sampul buku. Tapi, kertas sampul buku terlalu tipis dan warnanya gelap sehingga mudah sobek dan garis2 pola tidak begitu terlihat.

Karena ingin mencari kertas pola yang enak, aku pun mencoba membuat pola dengan kertas karton. Sayangnya, kertas karton terlalu tebal sehingga agak repot ketika ditusuk menggunakan jarum pentul.

Kertas ini (foto di bawah) lebih tebal dari kertas sampul buku dan lebih tipis dari kertas karton. Menurutku pas banget untuk membuat pola.




Kertas sampul

6. Penggaris Pola Besar

Penggaris-penggaris ini digunakan untuk membuat pola besar, terutama untuk membuat garis panggul, pinggul, kerah, dan lengan.


7. Pensil Merah Biru

Pensil ini digunakan untuk memberi warna pola dan membedakan pola depan dan pola belakang baju.


8. Kertas Karbon

Pertama-tama kita membuat pola kecil, baru kemudian membuat pola besar. Pola sifatnya ga wajib, tetapi buat newbie seperti aku, kayaknya perlu membuat pola kecil terlebih dahulu. Pola kecil lebih ke arah planning gitu kali ya. Gunanya untuk meminimalisasi kesalahan dalam membuat pola besar dan memotong kain.


Kertas karbon

9. Rader

Rader gunanya untuk menandai/menjiplakkan garis pola ke kain sehingga sewaktu menjahit kita tidak mencong-mencong.

Rader

10. Jarum Pentul

Jarum pentul gunanya untuk menempelkan pola pada kain sebelum digunting. Pilih jarum pentul Jepang ya. Soalnya lebih tajam dan lentur.

Jarum pentul

11. Gunting

Pembahasan gunting bisa diklik di sini yaa... Gunting

12. Jarum Jahit

Jarum jahit digunakan untuk menjelujur kain sebelum dijahit. Gunanya agar jahitan lurus dan sesuai garis rader. 

Jarum

13. Pendedel
14. Benang
15. Bobbin
16. Jarum Mesin

Lengkapnya bisa diliat di instagram @belajarjahitbaju

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post